Budaya dan Tradisi CTRL+C Laporan.

Reporter : Halik Ma’ruf
Parangtambung, BIOma– Memasuki musim praktikum semua jurusan di FMIPA UNM tak ayalnya sering ditemukan istilah CTRL+C atau plagiat adalah budaya yang telah  mengakar di kalangan para mahasiswa saat ini, ketika mengerjakan  laporan. Seakan-akan hal tersebut adalah tradisis yang wajib dilakukan, tanpa CTRL+C laporanpun tersendak.

Banyak alasan yang menyebapkan mahasiswa hanya mengandalkan system CTRL+C ini, diantaranya keadaan ataupun waktu untuk menyetor laporan semakin dekat. keadaan ini trend dikalangan mahasiswa dengan julkan “The Power Of Kepepet”. Ketika keadaan ini menghampiri mahasiswa maka tombol termudah dalam memecahkan masalah ini adalah “CTRL+C” menjadi solusi termudah atau dapat dikatakan sebagai teman akrab mahasiswa dikala mengerjakan laporan.
Dari beberapa pengakuan narasumber yang dihimpuni, membenarkan penryataan tersebut bahwa mereka pernah melakukan atau mengopas laporan. Dengan berbagai alasan. Baik sebagai referensi maupun jalan buntu pengerjaan laporan.
Tutur salah satu mahasiswa warga Biologi Nur Mukarammah, “ copas laporan itu semua orang tau kalau itu tindakan yang tidak baik. Karena itu sama saja mencuri ide orang lain. Orang yang sudah setengah mati mengerjakan ntu laporan sudah setengah mati kerjaki, baru kita dengan santainya tinggal dicopyji”. Ia juga menambahkan bahwa untungnya dalam mengopas laporan ialah sangat membantu dalam mengerjakan laporan yang tadinya dikerjakan berjam-jam, bisa selesai hanya dalam waktu beberapa menit saja. Ruginya kalau misalnya ketahuan oleh asisten praktikum maka akibatnya akan fatal, terlebih lagi kalau laporan yang dicopas milik asiten itu sendiri.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s