Hari Bumi lewat, Sekretariat Himpunan Bertransformasi Menjadi Lautan Sampah.

Panas-panas tahi ayam kah? Kemana perginya semangat hari Bumi yang sedianya lewat kurang lebih sebulan ? Hilang seiring berlalunya Hari Bumi.
Doc.BIOma, Reporter: Evika Melia
Parangtambung, BIOma – Memprihatinkan, mungkin itulah kata yang tepat menggambarkan keadaan jejeran sekretariat LK Himpunan FMIPA UNM yang berada di bagian belakang kampus. Sangta Ironi, mengingat besarnya semangat para civitas himpunan ini ketika menyambut hari bumi yang telah berlalu kurang lebih sebulan. Tak hanya satu-dua sekret himpunan, pemandangan merusak mata ini nyatanya terpampang di semua bagian depan sekretariat himpunan. 

Hal ini diperparah dengan sikap acuh yang nampak diwajah-wajah pengurus LK. Ditengah hari ketika sedang asyik nongkrong sambil bercengkrama tanpa merasa terganggu sedikit pun akan“lautan sampah”. Kesadaran akan kebersihan sepertinya telah mati, berlalu seiring berlalunya Hari Bumi (22/4).

Aulia, selaku staf sekretaris Himabio (Himpunan Mahasiswa Biologi) yang ditemui Senin (5/5) di sekret Himabio, mengutarakan “Adaji jadwalnya, setiap hari ji juga dibersihkan, tapi ya itumi kalo siang kan ada lagi daun-daun yang gugur, biasaji juga disapu. Trus adaji juga itu pembersihan keseluruhan cuman memang sekali sebulanji,”.Ia juga menambahkan, semuanya tidak terlepas dari kesadaran masing-masing pengurus dalam memikul tanggung jawab.

Senada dengan Aulia, Risnawati, ketua bidang humas Himatika (Himpunan Mahasiswa Matematika) mengatakan sudah ada jadwal setiap harinya yang mengatur kebersihan sekretariat.“Tapi ituji lagi kalo bertabrakanki jadwal kuliahnya jadi biasa ada yang lupa. Maklum juga karna skarang kan masa-masa peralihan pengurus,” tambahnya. Sibuk. Satu kata yang juga dibenarkan oleh ketua Himafi, (Himpunan Mahasiswa Fisika) yang akrab disapa Fian saat ditemui di sekretariat Himafi. Ia menuturkan kelalaian kebersihan itu salah satunya dikarenakan kesibukan dari anggotanya sendiri yang akhir-akhir ini memang sedang mempersiapkan banyak event.

“Adaji juga jadwal piket, sepertiji himpunan yag lain, tapi karna sibuk akhir-akhir ini jasi ada-ada saja yang lalai,” tuturnya. Tapi setiap Sabtu-Minggu selaluji ada pembersihan massal sekret, seluruh anggota himpunan harus ikut,” tutupnya.

Salah seorang warga FMIPA mengungkapkan kekecewaannya terhadap kondisi sekretariat Himpunan yang tidak sehat, “Harusnya ketua himpunan selaku pimpinan lebih peka pada kebersihan himpunan, kan malu kalo nanti ada kampus lain yang misalnya tiba-tiba berkunjung,” Imbuhnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s