Berjalan Kaki Dapat Menurunkan Berat Badan

jalan-kaki
(Doc. cahayawahyu.files.wordpress.com)

(28/03/2016) Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga tertentu. Berjalan kaki sangatlah aman bagi semua kalangan. Bahkan dengan berjalan kaki, kurang dari lima bulan bisa menurunkan 20 pon berat badan tanpa gym berjam-jam dan tanpa diet. Contohnya, seseorang dengan berat badan 60 kg bisa membakar sekitar 75 kalori hanya dengan berjalan kaki sedang selama 30 menit.

Berjalan juga meningkatkan massa otot sehingga semakin banyak otot yang  dimiliki maka semakin cepat pula metabolisme tubuh anda. Sehingga banyak kalori yang terbakar, bahkan saat beristirahat. Berjalan kaki membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh. Caranya, makanlah dalam porsi yang sama, tapi berjalanlah lebih jauh. Dengan cara ini, akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Bahkan meskipun tidak bisa mengontrol porsi makan sekalipun, masih bisa merasakan manfaatnya terhadap kesehatan kardiovaskuler.

Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, upayakan menempuh tempat-tempat yang relatif dekat dengan berjalan kaki, kurangi penggunaan kendaraan. Cara lainnya adalah dengan menambah kecepatan atau jarak langkah kaki. Sejak sekarang, setelah makan besar, berjalan kakilah sejenak dengan menempuk jarak pendek. Mungkin dengan berjalan-jalan mengitari rumah, di lorong kompleks, di sepanjang jalan, di sekitar rumah, dan sejenisnya.

By : Nurul Annisa Husain

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s