Jangan Terlalu Sering Memangku Laptop

memangku laptop
(Doc. wartakesehatan.com)

(25/04/2016), BIOma – Laptop adalah salah satu hasil perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang pesat. Kini laptop menjadi kebutuhan paling utama, khususnya bagi kalangan mahasiswa dan pegawai. Laptop seakan senjata bagi kaum mahasiswa, hampir semua tugas kuliah mereka menggunakan laptop. Tak bisa dipungkiri sering kali kita menggunakan laptop dengan meletakkannya diatas paha. Hal itu merupakan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

Kebiasaan memangku laptop dapat mengganggu kesehatan. Karena laptop memiliki radiasi yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Misalnya meningkatkan resiko ketidaksuburan,misalnya carpal tunnel syndrome (mati rasa), nyeri di paha dan di punggung serta dapat menyebabkan kanker kulit.

Berdasarkan penelitian di jurnal kesehatan Inggris mengungkapkan kebiasaan memangku laptop saat memakainya akan mengakibatkan kerusakan kulit permanen, karena terbakar oleh panasnya laptop. Penyakit ini sering disebut Toasted Skin Syndrome, gejala penyakit ini adalah muncul bintik-bintik di jaringan pigmen kulit terluar. Penyakit ini apabila semakin parah kemungkinan besar dapat menyebabkan kanker kulit (sumber: http://refrensi-kehidupan.blogspot.co.id) 

Jadi, mulai sekarang ubahlah kebiasaan suka memangku laptop saat menggunakannya jangan sampai tubuh kita terkena paparan panas radiasi yang ditimbulkan oleh laptop dan sebaiknya meletakkan laptop diatas meja dan menggunakan filter pada laptop untuk mengurangi bahaya radiasi yang ditimbulkan.

By : Adhelina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s