Tahun Ini, KKN-PPM UNM Siapkan 17 Tema

logo-unm
(Doc.UNM)

Parangtambung, BIOma – Universitas Negeri Makassar (UNM) menyediakan tujuh belas tema dalam pelaksanaan KKN-PPM tahun ini. Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakan salah satu kegiatan pendidikan tinggi yang diikuti oleh Mahasiswa untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari kampus. KKN-PPM adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus.

Menurut Sekretaris Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNM, Ismail Shahab,  KKN-PPM merupakan usulan dosen dan bersifat tematik dan spesifik dimana dalam pelaksaannya, bidang  yang dikerjakan sedikit berbasis keilmuan walaupun KKN sesungguhnya adalah pengabdian. Saat ini, proses pendaftaran program KKN-PPM di UNM telah berjalan. Mahasiswa yang akan ikut serta dalam program ini diharapkan memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait tema KKN-PPM yang akan ia ikuti. Maka dari itu, dilakukan wawancara kepada setiap mahasiswa yang mendaftarkan diri pada program ini.

Dalam satu kabupaten, bisa saja ada dua atau tiga tema, semua tergantung usulan dosen yang  mengajukan proposal ke Pusat. KKN-PPM tahun ini bisa dimulai dari bulan april sesuai dengan program pemerintah. Yang jelas itu, dilapangan selama dua bulan dan harus selesai dalam satu tahun anggaran. ”, tutur dosen jurusan Biologi ini.

Rencananya, Mahasiswa yang mengikuti KKN-PPM akan diberangkatkan ke lapangan setelah lebaran dan diharapkan selesai pada bulan September sebelum perkuliahan dimulai agar tak menganggu proses kuliah, tambahnya. (*)

*Reporter : RM2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s