Kenalilah Tidur Berkualitas Demi Kesehatan Tubuh

009620000_1425467723-Tukang_tidur_profesional_1
(Doc.Liputan6.com)

BIOma – Tidur yang berkualitas salah satu penunjang tubuh yang sehat.  Saat tidur, tekanan darah menurun, sistem perbaikan tubuh bekerja lebih cepat dan efisien.  Selain itu, sistem  pembuangan alami tubuh  (hati, ginjal, dan sirkulasi darah) bisa bekerja tanpa harus memproses racun tambahan dari udara luar atau dari makanan yang kita konsumsi. Orang dewasa butuh sekitar 8-10 jam untuk tidur.

Tidur siang dapat menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari ataupun membatasi tidur siang, yaitu tidak lebih dari setengah jam. Olahraga berat yang dilakukan sebelum tidur pada sebagian orang bisa membuat segar dan butuh waktu lama untuk menenangkan diri. Untuk menghindari sulit tidur karena segar setelah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi. Membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik.

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja keras. Mengonsumsi makanan berat menjelang waktu tidur bisa membuat keinginan tidur akan sedikit lambat. Jika lapar di malam hari, konsumsilah makanan kecil, seperti biskuit, roti, atau susu. Dan juga batasi waktu makan, yaitu sebaiknya paling lambat satu jam sebelum tidur.

Kurangi konsumsi kopi, minuman ringan maupun cokelat. Begitu juga, mengurangi makanan-makanan pedas yang akan mengganggu perut menjadi mulas dan konsekuensinya mengganggu jam tidur.

Dengan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian, kemungkinan tidur dapat lebih efektif. Sebuah penelitian  dari The Ohio State University di Columbus, AS, menemukan bahwa bahkan sejumlah kecil cahaya dari ponsel atau komputer dapat mengganggu produksi melatonin dan mengganggu tidur. Maka dari itu, jauhkan ponsel atau laptop dari tempat tidur. Itulah berbagai cara yang dapat diterapkan agar tidur dapat nyenyak dan berkualitas.

By : Nurul Annisa Husain

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s