Rasa Lapar Dapat Memicu Amarah

1437516757920

(Doc. http://www.smh.com.au)

BIOma – Secara ilmiah, orang yang lapar memang mudah mengalami naik darah. Rasa lapar biasanya diawali dengan suara “keroncongan” didalam perut, berlanjut dengan lemas dan kelelahan. Ketika lapar seseorang juga akan untuk susah berkonsentrasi. Kemarahan merupakan keadaan emosional ditandai dengan suatu keluhan atau suatu penderitaan. Orang bisa marah karena orang lain, karena ada kejadian atau bisa jadi karena dirinya sendiri.

Dialnsir dari The Huffington Post, salah seorang profesor di University of Sdyney mengungkapkan bahwa menjadi agresif saat merasa kelaparan adalah bentuk mekanisme pertahanan seorang individu. Didalam otak manusia, terdapat bahan kimia alami yaitu neuropeptide Y yang juga berkontribusi menyebabkan sifat agresif/emosi  yang biasanya sering dialami ketika lapar.

Bila seseorang dibiarkan lapar dalam jangka waktu lama, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya yang mencapai otak menjadi sangat berkurang. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.

Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia inilah yang akan membuat amarah seseorang menjadi naik, sehingga mudah tersinggung dan marah. Gula darah rendah juga dapat disertai dengan kecemasan, kelelahan dan sakit kepala.

By : Fadhilah Misbah D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s