Pengabdian Calon Seorang Guru Lewat KKN-PPL Terpadu

kkn ppl enrekang
Doc. Ist

BIOma – KKN-PPL Terpadu di Kabupaten Enrekang, baru saja dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa UNM angkatan 2012, tak terkecuali Mahasiswa Biologi FMIPA UNM angkatan 2012. KKN-PPL berlangsung selama 3 bulan terhitung sejak keberangkatan pada tanggal 28 Februari 2015 hingga penarikan pada tanggal 28 Mei 2015.

Tidak hanya angkatan 2012 yang melaksanakan tapi beberapa orang dari angkatan 2011 juga ikut serta dalam program ini. Selama tiga bulan, para peserta di tempatkan di berbagai sekolah, salah satunya di MAN Baraka. Berbagai program kerja dilaksanakan, diantaranya adalah greenhouse, lesson club, pembinaan karakter, hidroponik, TMC (Training Muslim Cerdas), serta pembenahan laboratorium kimia dan biologi yang semuanya sukses tercapai hingga batas waktu penarikan.

Sangat banyak hal-hal menarik yang kami dapatkan selama KKN di Desa Baraka. Mulai dari berkenalan dengan orang dengan macam-macam karakter, menambah teman baru. Ditambah lagi warga sekolah juga sangat welcome dengan kami. Itu yang membuat kami merasa nyaman selama tiga bulan ditugaskan di sana” ungkap Faezal Tanjung, sebagai peserta KKN-PPL 2015.

Adapun kendala-kendala yang dialami oleh para peserta tak lepas dari urusan dana. “Pendanaan itu berasal dari dana pribadi, tapi ada beberapa program kerja seperti greenhouse dan hidrponik itu dibiayai oleh sekolah yang bersangkutan” tambahnya.

Reporter : Sri Hardiyanti Asad, Ummul Mujahidah, Nurkayanti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s