Mahasiswa KKN-PPM UNM Bantaeng Ajak Warga Setempat Cegah Diabetes Melitus Melalui Senam

image001
Foto Bersama Mahasiswa KKN PPM UNM Dengan Warga Kec. Bisappu (Foto : Ist)

BIOma – Mahasiswa KKN PPM (Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat) UNM di Bantaeng ajak warga Kec. Bisappu bersama-sama melakukan senam diabetes melitus. Kegiatan ini guna meningkatkan kesegaran jasmani warga sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes melitus. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya warga yang turut berpartisipasi. Tidak kurang dari 50 warga ikut melakukan kegiatan ini. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa kelurahan di kec. Bisappu. Rabu (27/7) dilaksanakan di kelurahan Bonto Langkasa. Kedepannya diharapkan warga dapat menyadari sejak dini tentang bahaya penyakit diabetes melitus dan melalui senam diabetes ini sebagai langkah pencegahan dari penyakit diabetes melitus.

“Senam ini sebenarnya sudah lama. Tetapi kurang populer maka kami dari mahasiswa KKN PPM UNM di bantaeng ingin menumbuhkan senam ini di kalangan masyarakat khususnya di kec. Bisappu. Ini didasari dari data Populasi penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia,” ujar penanggung jawab kelurahan Bonto Langkasa, Ainun. Berdasarkan data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di Tanah Air mencapai 8.554.155 orang. Melihat fakta yang ada ini mencerminkan penduduk Indonesia rentan terkena penyakit diabetes. Langkah efektif untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan aktif melakukan senam diabetes mellitus.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan di beberapa kelurahan di kec. Bisappu, seperti kelurahan Bonto Manai, Bonto Lebang, Bonto Salluang, Bonto Langkasa, dan beberapa kelurahan lainnya. Kel. Bonto langkasa merupakan kelurahan pertama yang melaksanakan kegiatan senam, selanjutnya menyusul di kelurahan lain. Semua kegiatan telah terjadwal dengan baik agar tidak terjadi jadwal latihan yang bertabrakan,” beber Kordinator posko 2, mahasiswa dari jurusan PGSD DIKJA, Andi Ayushar.(*)

*Penulis: Ainun Mutmainnah, Mahasiswa Jurusan Sosiologi 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s