Training Of Trainer LPM Penalaran : Confidence To Be A Facilitator

IMG_0136BIOma – Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) kembali mengadakan Training of Trainer (ToT) yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai paradigma belajar partisipatoris dan paradigma dasar kefasilitatoran serta membekali kemampuan kefasilitatoran bagi calon fasilitator. Peserta ToT merupakan anggota LPM Penalaran UNM yang memenuhi syarat dan ketentuan ToT tahun 2016. Adapun tema yang diusung pada ToT tahun ini adalah “Confidence to be a facilitator”.

Secara keseluruhan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga pekan. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 – 22 Juli 2016 yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Leaderless Group Discussion (LGD) yang bertempat di Rumah Nalar (23/07/2016). Dalam pelaksaannya, peserta di bagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok masing-masing mendiskusikan materi yang telah ditentukan oleh Panitia Pengarah.

Baca juga: LPM Penalaran UNM Kukuhkan 61 Laskar Nalar Angkatan XIX

Setelah mengikuti proses LGD, diketahui sebanyak 17 peserta telah dinyatakan lulus seleksi sebagai peserta ToT. Peserta yang dinyatakan lulus, selanjutnya mengikuti wawancara dan technical meeting untuk membahas mengenai aturan-aturan serta persiapan untuk tahap indoor.

Tahapan indoor berlangsung mulai hari Jum’at-Minggu, 29 – 31 Juli 2016 yang bertempat di STIE AMKOP Makassar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Nuraini Yusuf selaku pendamping LPM Penalaran UNM. Setelah tahapan indoor kemudian dilanjutkan dengan tahapan outdoor yang akan berlangsung mulai tanggal 1-7 Agustus 2016. “Semoga peserta ToT menjadi fasilitator yang baik dan amanah untuk LPM Penalaran UNM” ungkap Akhmad Syaputra Syarif selaku Panitia Pengarah dalam kegiatan ini.

Baca juga: Wujudkan Desa Mandiri BI Dan LPM Penalaran UNM Berkolaborasi Laksanakan Pelatihan Olahan Rumput Luat Di Takalar

By: Panitia Publikasi dan Dokumentasi ToT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s