Mikroplastik, Polutan Berbahaya Bagi Ikan

291f2a181d
Penampakan Mikroplastik (Doc. Int).

BIOma – Salah satu masalah perairan yang perlu mendapatkan perhatian lebih, sekarang ini ialah, polutan yang mencemari air. Polutan yang mencemari air akan berdampak juga pada organisme yang hidup dalam air tersebut. Contohnya, Ikan perca yang lahir di perairan berpolutan yang memakan partikel mikroplastik. Partikel mikroplastik, dapat bersumber dari sampah plastik yang terurai di alam dan sebagian besar serat mikro pada pakaian sintesis juga terbuat dari plastik dan setiap kali dicuci, partikel-partikel kecil itu luruh dalam air limbah. Ukurannya cukup kecil membuat partikel itu lolos dari pengolahan limbah dan mencemari laut.

Ikan yang lahir di lingkungan yang telah tercemar, akan lebih suka memakan partikel mikroplastik tersebut walaupun ikan tersebut bisa mendapatkan plankton, tetapi mereka lebih memilih mikroplastik “Oona Lonnstedt dari Uppsala University of Swedia”. Akibatnya, ikan yang memakan mikroplastik ini akan terhambat pertumbuhannya dan lebih mudah dimangsa oleh predator karena mengabaikan bau dari predator.

Peristiwa ini mendapatkan banyak perhatian dari kalangan peneliti yang menghawatirkan dampak signifikan akibat polutan ini. Jika ikan-ikan yang memakan polutan ini lebih sering dan dimangsa oleh para predator sebelum memasuki fase dewasa dan bereproduksi, maka dikhawatirkan populasi dari ikan-ikan ini dapat punah. Mikroplastik ini juga, bukan satu-satunya permasalahan polutan namun partikel kecil seperti yang ada pada pasta gigi atau scrub pembersih muka (microbeads) yang  berguna untuk membersihkan kulit juga merupakan polutan air.

By : Muhammad Nurhadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s