Ulfa Aulyah Idrus, Mahasiswa Berprestasi FMIPA 2016

_20161012_203437
Beberapa waktu lalu saat Ulfa mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Nasional di  Yogyakarta. (Doc. Int)

Parangtambung, BIOma – “Pengerdilan terkejam yang dilakukan oleh umat manusia adalah membiarkan pikiran cemerlang diperbudak oleh tubuh yang malas, yaitu mendahulukan istirahat sebelum lelah” merupakan motto dari seorang Mahasiswi Berprestasi (Mawapres) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) 2016. Ia adalah Ulfa Aulyah Idrus yang akrab dipanggil Ulfa. Gadis yang lahir di Soppeng ini mengawali perjalanan pendidikannya di SDN 136 Labessi, lalu di SMPN 1 Marioriwawo, lalu lanjut di SMAN 1 Watansoppeng. Kemudian melanjutkan studi di Universitas Negeri Makassar pada jurusan Matematika.

Sebagai seorang mahasiswi, anak dari Drs. Idrus dan Sanang S.Pd pernah bergelut di beberapa organisasi yaitu menjadi pengurus di Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran UNM 2014-2015 dan 2015-2016 dan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) FMIPA UNM 2015-2016. Sebagai seorang organisatoris, Ulfa tentu tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang mahasiswi. Ia juga aktif di bidang akademik dengan memberikan bukti bahwa Ia pernah mengikuti olimpiade-olimpiade yang memicu otaknya untuk berpikir lebih dalam mengenai ilmu pengetahuan.

Ia pernah menjadi peserta lomba cipta puisi tingkat Nasional 2013, peserta Indonesian-Thailand student Exchange 2016, peserta Calculus Cup tingkat Nasional 2015-2016, Finalis Matematika tingkat Nasional 2016, Finalis Olimpiade Sains Mahasiswa DIY bidang Matematika tingkat Nasional 2016, Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ILP2MI 2014 tingkat nasional, peserta Olimpiade Nasional MIPA bidang Matematika tingkat wilayah 2015 dan 2016. Bahkan, Ia pernah meraih Juara II OSN Pertamina bidang teori Matematika tingkat provinsi 2015. Tentu tak salah jika Ia terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2016. Itulah mengapa Ulfa tercatat sebagai salah satu mahasiswi berprestasi di FMIPA. Inilah hal yang patut di contoh oleh mahasiswa(i) lainnya, tidak hanya aktif di organisasi, Ulfa juga mampu berprestasi di bidang akademik.

Meraih gelar sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), Ulfa tentunya sangat merasa bahagia karena dapat bertemu dengan mahasiswa berprestasi se-UNM yang menginspirasi dan memotivasi dirinya untuk terus melakukan kegiatan positif. Menurutnya, ada 5 hal yang dinilai dalam pemilihan Mawapres, yaitu IPK, Prestasi (Kompetisi, Keorganisasian, Penelitian, Pengabdian Masyarakat), Karya Tulis Ilmiah, Presentasi, Kemampuan Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

“Saya tentu sangat merasa bahagia, Suatu kebanggaan bagi saya, apalagi saya bisa bertemu dengan mahasiswa berprestasi se-UNM,” ungkap mahasiswi yang lahir di bulan November ini.

Ulfa juga sempat berbagi beberapa tips yang dilakukannya untuk meraih gelar Mawapres yang kini tengah disandangnya. Berikut tipsnya ;

  1. Memperoleh IPK yang baik dengan memenuhi hak SKS.
  2. Prestasi bisa dimulai dengan menuliskan goal, minat, dan bakat kita. Tulis sebanyak-banyaknya potensi yang dimiliki, lalu cari organisasi dan kompetisi yang dapat menunjang kekuatan itu.
  3. Kenali masalah di masyarakat dan perbanyak membaca untuk dapat menulis karya tulis ilmiah.
  4. Teruslah berlatih dan jangan pernah meremehkan kesempatan public speaking sekecil apapun, Misalnya presentasi di kelas, untuk membiasakan diri berbicara di depan umum.
  5. Bentuk lingkungan yang dapat membuat rajin untuk berlatih bahasa Inggris.

Reporter : Nur Ummu Pratiwi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s