Hari AIDS Sedunia: UKM Maphan UNM Adakan Talkshow

image001
Pembicara di Talkshow World AIDS Day (Doc. Ist)

Parangtambung, BIOma – World AIDS Day (WAD) diperingati seluruh dunia setiap tanggal 1 Desember. Tanggal penetapan itu diperingati untuk mengukur sejauh mana perkembangan dari perjuangan yang selama ini dilakukan untuk melawan dan memerangi AIDS. Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan Napza Universitas Negeri Makassar membuat terobosan baru dalam rangka World Aids Day.

Kegiatan perdana yang dilakujkan oleh UKM MAPHAN UNM ini diselenggarakan dalam bentuk talkshow dengan tema “Mari Berubah Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV” dengan menghadirkan Sekretaris KPA Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.H.M. Saleh Radjab, MM sebagai pembicara utama dan Psikolog, Widyastuti, S.Psi., M.Psi, yang merupakan dosen Fakultas Psikologi UNM untuk menambah wawasan mengenai pencegahan penularan HIV. Kegiatan yang dipandu oleh Muhammad Ansar Anto, S.Pd, Dewan Pembina dari UKM Maphan, telah berlangsung tadi saing (2/12) di Pelataran Gedung FMIPA UNM yang dihadiri oleh 110 peserta dari kalangan mahasiswa.

Talkshow ini diharapkan menjadi wadah klarifikasi terhadap mitos-mitos salah yang selama ini beredar di masyarakat tentang HIV/AIDS dan juga menjawab semua rasa ingin tahu peserta mengenai penyakit mematikan AIDS yang sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini, setiap orang diharapkan mampu mencegah penularan HIV dan mampu bersikap peduli terhadap ODHA, sebutan untuk orang-orang yang telah mengidap HIV/AIDS..

Ketua Panitia, Andi Suhaeni, berharap agar masyarakat khususnya mahasiswa mampu mengetahui penyebab dan resiko AIDS dan memiliki kesadaran yang tinggi akan bahayanya, tidak melakukan hal-hal yang beresiko, serta menyebarkan informasi mengenai bahaya HIV/AIDS. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap ODHA yang membutuhkan motivasi, bukan diskriminasi.

Lebih lanjut, Ketua Umum UKM Maphan UNM, Zulkifli turut berharap agar melalui kegiatan talkshow ini, Maphan dapat mensosialisasikan bahaya penularan HIV. “Dengan  diadakannya talkshow ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mensosialisasikan bahaya penularan HIV dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat tanpa HIV serta tidak melakukan diskriminasi terhadap ODHA”, tuturnya.

Reporter : Seksi Publikasi Talkshow “Hari AIDS”  UKM Maphan UNM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s