Zat Akrilamida Dalam Gorengan Picu Kanker dan Kerusakan Saraf

Image-1
(Doc.Int)

(14/03/2017), BIOma – Siapa yang tidak kenal dengan gorengan? Cemilan satu ini adalah jenis makanan yang memiliki banyak penikmat. Bagaimana tidak, rasa yang enak, mudah didapat, dan harga yang terjangkau membuat semua kalangan dapat mengonsumsinya. Namun dibalik rasanya yang enak, ternyata terlalu sering mengkonsumsi gorengan dapat membahayakan kesehatan jangka panjang.

Seperti yang diketahui masyarakat bahwa makan gorengan akan memicu kolesterol jahat tinggi dalam tubuh. Akibat jumlah kolestrol jahat yang meningkat, berbagai macam penyakit pun dapat muncul salah satunya gangguan jantung.

Dikutip dari www.zona1000.com, hasil dari penelitian yang didanai sebuah lembaga di Swedia beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa makanan yang banyak mengandung karbohidrat, seperti kentang, singkong dan ubi yang diproses dengan digoreng terbukti dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik (pemicu kanker) bernama akrilamida.

Akrilamida merupakan senyawa kimia yang umumnya dipakai di laboratorium. Selain itu di luar negeri, akrilamida dipakai untuk menggumpalkan kotoran dalam proses pemurnian air minum pada PAM. Senyawa ini dinyatakan sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain memicu kanker juga akan merusak saraf, itu sebabnya akrilamida juga disebut sebagai zat neurotoksik.

Akrilamida pada makanan akan muncul jika bahan makanan diolah dengan cara digoreng ataupun dipanggang. Pengolahan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan senyawa karbohidrat pada bahan makanan tersebut terurai. Sebagian karbohidrat yang terlepas ini kemudian bereaksi dengan asam amino, sebuah senyawa penyusun protein, hingga terbentuklah akrilamida.

Dalam hasil penelitian yang berjudul Analysis of Acrylamidea Carsinogen Formed in Heated Foodstuffs, Eden Tareke, seorang peneliti dari jurusan kimia lingkungan Universitas Stockholm, Swedia mengungkapkan bahwa bahan pangan yang direbus atau dikukus ternyata hanya mengandung sedikit senyawa akrilamida, sehingga tak berbahaya bagi kesehatan.

Bagi Anda penyuka gorengan, sebisa mungkin mengurangi konsumsi makanan tersebut demi meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Ada baiknya juga jika gorengan yang Anda konsumsi adalah hasil buatan sendiri sehingga selain enak, kesehatan dan kebersihannya pun terjamin.

Reporter : Sri Hardiyanti Asad

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s