Makan diatas Jam 8 Malam, Sehatkah?

acid-reflux
(Doc.Int)

(18/03/2017) BIOma – Sering telat makan mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Kesibukan sering dijadikan alasan untuk menyepelekan kesehatan. Hal ini utamanya banyak terjadi di kalangan para pelajar karena menganggap usianya yang masih muda sehingga sering mengabaikan jadwal makan. Misalnya saja jadwal makan malam. Jam 8 adalah batas waktu yang disarankan oleh dokter, namun pada kenyataannya masih banyak saja yang menyepelekannya.

Dilansir dari DokterSehat.Com  Makan terlalu malam ternyata tidak hanya menambah berat badan. Kebiasaan buruk itu juga bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Berbeda ketika Anda makan pada siang hari. Mengonsumsi makanan padat kalori di siang hari dapat memberikan tambahan energi, mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun jika makanan kaya kalori dimakan di malam hari, justru bisa berakibat sebaliknya.

Acid Reflux adalah kondisi umum dimana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar (heartburn) pada bagian tengah dada. Walau tidak setiap saat, kondisi tersebut biasanya terjadi sebagai ‘peringatan’ atas penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) kronis.

Berbaring setelah makan juga dapat memicu acid reflux dan gejala GERD lainnya, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Terlalu banyak makan atau mengonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak atau asam pada malam hari dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karena itu hindari mengonsumsi makanan saat larut malam jika Anda rentan terhadap acid reflux atau heartburn.

Itulah beberapa penyakit berbahaya jika Anda sering mengabaikan jadwal makan malam. Untuk itu biasakan makan dengan pola yang teratur. Jika masih lapar di atas jam 8 malam, Anda dapat mencoba dengan meminum beberapa gelas air. Air akan membantu Anda untuk merasa kenyang dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Jangan menyepelekan kesehatan, karena kematian bisa datang kapan saja seiring dengan munculnya berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Reporter: Resky Amaliah Sapa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s