Cara Mudah Atasi Mabuk Saat Perjalanan

mabuk-perjalanan.jpg
(Doc. Int)

(1/3/2017) BIOma– Mudik, liburan dan berwisata seharusnya menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama dengan seluruh keluarga. Namun moment berharga itu kadang tidak berjalan dengan lancar. Terutama jika perjalanan tersebut bersama dengan anak-anak.

Apalagi kalau bukan soal mabuk perjalanan. Ini bisa menjadi hal yang membuat liburan sedikit kacau. Tapi mabuk perjalanan bukan hanya persoalan anak-anak. Orang dewasa pun ada yang mengalaminya.

Mengapa bisa mabuk dalam perjalanan? Ada beberapa penjelasan mengenai penyebab mabuk perjalanan ini, baik mabuk laut, mabuk udara dan mabuk darat.

Dalam keseharian, otak selalu menerima informasi dari luar, berupa rangsang, dari panca indra. Dari rangsang inilah otak merekontuksi menjadi suatu persepsi atas lingkungan. Tapi ada kalanya informasi dari panca indra tidak sinkron dan menimbulkan kekacauan dalam otak.

Ketika melakukan perjalan, otak menerima informasi tentang gerak dari mata, telinga dan kulit. Mata melihat benda-benda yang bergerak relatif. Sementara kulit menerima rangsang berupa hembusan udara dan telinga mendengar berbagai suara yang timbul yang memberikan kesan adanya gerak.

Pada telinga terdapat kanal, yang disebut labirin, yang dapat mendeteksi kecepatan dan arah gerak. Sensor gerak di telinga juga berpengaruh pada pusat pengatur keseimbangan di telinga bagian dalam. Di sisi lain, otak juga menerima informasi tentang gerak melalui mata.

Kedua informasi tentang gerak ini seringkali tidak sinkron. Persepsi gerak dari telinga dan mata tidak seiring sehingga pada otak terjadi kekacauan. Chemorexceptor trigger zone di otak mengalami perangsangan. Pada saluran cerna, efek perangsangan tersebut akan memberikan kenaikan efek lolinergik berupa mual, pusing dan muntah, yang dikenal sebagai mabuk perjalanan.

Anak-anak merupakan penderita terbanyak dari mabuk perjalanan ini. Pada orang dewasa, wanita lebih rentan dibanding pria.

Mabuk perjalanan bukanlah penyakit. Ini hanya merupakan reaksi tubuh yang salah mempersepsikan gerak. Ada beberapa trik untuk mengatasi mabuk perjalanan ini, baik mabuk darat, laut maupun udara. Untuk mencegah mabuk, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk perjalan, diantaranya;

  1. Dalam perjalanan pilihlah tempat duduk yang tepat
  2. Jangan membaca selama dalam perjalanan. Pandangan yang terpaku pada buku sementara kendaraan bergerak akan menyebabkan pusing dan mual.
  3. Makanlah 1 jam sebelum bepergian. Perut yang kosong akan mudah untuk kembung. Tapi perut yang terlalu kenyang juga akan mudah untuk muntah.
  4. Berikan ruang yang cukup sehinggga dapat menghirup udara segar. Ketika berada di daerah yang sejuk, bukalah jendela sedikit agar udara luar masuk ke dalam kendaraan.

Apabila hal-hal tersebut di atas tida berhasil mengatasi mabuk perjalanan, apa boleh buat, gunakan obat anti mabuk. Banyak tersedia obat anti mabuk perjalanan yang dapat digunakan.

Efek samping obat ini yang paling sering adalah mulut terasa kering dan mengantuk. Jadi jika minum obat ini, biasanya selama perjalanan akan tertidur dengan lelap.

Dan yang terpenting, siapkan segala sesuatu dengan baik sebelum melakukan perjalanan, apakah itu mudik lebaran, liburan atau perjalanan lainnya. Periksa kendaraan dengan baik, pastikan dala kondisi prima agar perjalanan lancar.

Ummul Mujaahidah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s