Karmilah, Salah Satu Delegasi UNM di Ajang SEALS 2017

366572
Keenam delegasi UNM pada ajang SEALS 2017. Karmilah (ketiga dari kiri)

Parangtambung, BIOma – Sebanyak enam mahasiswa Universitas Negeri Makassar terpilih sebagai delegasi Southeast Asia Leader Summit (SEALS) 2017 yang diadakan oleh The IDE (The Institute of Democracy and Education), suatu organisasi yang berusaha menyediakan berbagai forum yang inovatif untuk para pemimpin muda ditingkat Regional dan Internasional.  Salah satu diantaranya ialah Karmilah, mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2014. Keenam mahasiswa tersebut pun tergabung dalam komunitas yang sama yakni KOMA Youth Collaboration.

Southeast Asia Leader Summit 2017 ini merupakan kegiatan International Youth Conference dan Leadership Development Training untuk para peserta, yang terdiri dari pemuda Indonesia dan ASEAN untuk melakukan diskusi, dialog, sharing pengalaman, pelatihan kepemimpinan, dan service project pada komunitas lokal untuk menciptakan interaksi secara langsung diantara para peserta dan komunitas lokal, nasional, dan internasional demi mempesiapkan pemimpin Indonesia yang berkualitas.

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama empat hari, yaitu pada 11-14 April 2017 dibeberapa tempat di Jakarta, diantaranya Ruang Sidang Nusantara V Gedung DPD/MPR RI, LPMP DKI Jakarta, Gedung Pancasila, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Luar Negeri RI.

Saat dihubungi beberapa waktu lalu, Karmilah mengungkapkan rasa bersyukurnya dapat lolos dan mewakili UNM. “Pastinya saya bersyukur, dari sekian banyak pendaftar, saya dinyatakan lolos bersama teman-teman lainnya yg mewakili UNM, dan kembali berkesempatan merasakan euforia gedung parlemen”, ungkap mahasiswi asal Polman ini.

Adapun tema yang akan dibahas pada SELAS 2017 ini adalah “Empowering Young Leaders for Better Innovative Ideas Through Economic Enterpreunership”. Selain itu, Southeast Asia Leader Summit 2017 akan mengundang pembicara-pembicara nasional maupun internasional yang akan mengisi acara dan ikut berdiskusi dengan peserta, diantaranya adalah Ketua DPD RI, Ketua DPR RI, Ketua MPR RI, Dubes USA, Dubes Rusia of Indonesia, dan pembicara lainnya.

Karmilah dan kelima mahasiswa lainnya terpilih sebagai delegasi dari 120 delegasi dari seluruh wilayah Indonesia dan ASEAN, dari hasil seleksi secara ketat melalui proses seleksi berkas berupa CV dan essay tentang keterlibatan mereka dalam isu-isu kepemudaan, prestasi tingkat nasional dan internasional, nilai akademik, dan keaktifan organisasi.

Reporter : Nurul Annisa Husain

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s