Mengenal Bersin Alergi

treatment-for-allergic-rhinitis-1024x682.jpg
Doc. Int

BIOma– Bersin biasanya identik dengan influenza, tapi jangan heran jika anda atau teman anda bersin-bersin yang ditandai dengan hidung gatal dan mengeluarkan air mata setiap bangun pagi atau setelah mandi pagi. Nah, hal ini biasa disebut dengan bersin karena alergi, dimana penyebabnya sendiri karena dipagi hari suhu tubuh menurun yang menyebabkan tubuh menjadi sensitif dalam menanggapi alergen (sesuatu yang menyebabkan alergi, misal; debu) tertentu.

Alergi adalah suatu reaksi hipersensitivitas atau terlalu sensitif terhadap kondisi, protein atau zat tertentu. Antibodi dalam tubuh mendeteksi zat tersebut sebagai ancaman sehingga membentuk sistem pertahanan, salah satunya adalah bersin-bersin. Bersin merupakan reaksi reflek yang mengeluarkan udara yang mengandung partikel atau benda asing lain yang terjadi dengan keras lewat hidung maupun mulut. Ada literatur mencatat, kecepatan dari udara ini ialah 70 m/detik atau sama dengan 250 km/jam. Bersin yang terjadi dapat melibatkan sinyal biokimia yang mengatur detak silia (rambut mikroskopis) pada sel-sel yang melapisi rongga hidung. Dalam hal ini rangsangan yang datang ditangkap oleh reseptor taktil hidung. Rangsangan kemudiaan dilanjutkan ke Nervous Trigemineus dan dilanjutkan ke pusat pernapasan di medula oblongata.

Sebagai contoh dari penjelasan diatas adalah rangsangan yang berupa benda asing memasuki rongga hidung atau saluran pernapasan bagian bawah, kemudian pusat pernapasan memerintah tubuh untuk mereflek bersin agar benda asing tersebut dapat dikeluarkan. Pada reflek bersin ovula dikondisikan ke bawah, sehingga memungkinkan aliran udara ekspirasi (aliran udara yang keluar)menjadi kuat dan dapat melalui rongga mulut dan rongga hidung. Salah satu penyebab bersin yang biasanya dialami beberapa orang adalah bersin-bersin ketika bangun pagi atau setelah mandi pagi. Nah, hal itu terjadi karena selama tidur suhu tubuh akan menurun secara alami. Selama istirahat pernapasan berjalan normal dan debu yang masuk kedalm hidung akan menggumpal atau mengendap, sehingga ketika bangun tidur di pagi hari mengalami bersin-bersin yang disebabkan oleh tanggapan syaraf hidung pada debu yang mengendap tersebut. Pada peristiwa bersin alergi ini, akan hilang jika sistem kekebalan tubuh mulai terbangun misalnya setelah sarapan atau beranjak siang, dimana tanggapan tubuh pada alergen akan hilang. Berdeda dengan bersin-bersin karena menderita sinusitis (infeksi bakteri sekunder di dalam sinus yang tersumbat), dimana seseorang akan sering dan setiap saat mengalami bersin-bersin.

 RM7

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s