Daftar Makanan Yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

menu makanan
(Doc.Int)

BIOma –  Puasa adalah suatu bentuk aktivitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga matahari terbenam dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.

Saat berbuka puasa terkadang banyak yang ingin kita makan, tidak jarang orang  makan secara berlebihan tanpa memperhatikan makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Sebaiknya hindari makan berlebihan karena akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebab saat menjalankan ibadah puasa, lambung kita kosong dan belum terisi sama sekali, jadi hindari melakukan “balas dendam” ketika waktu berbuka puasa tiba.

Dilansir dari laman health.liputan6.com, berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa:

Pisang

Makan pisang saat perut kosong dapat mengganggu pencernaan, karena buah ini mengandung magnesium dalam jumlah yang tinggi yang dapat mengganggu kalium dalam darah.

Buah pir

Buah pir memiliki kandungan serat yang kasar sehingga ketika mengonsumsi buah ini dalam keadaan perut kosong dapat membahayakan selaput lendir yang lembut.

Yoghurt

Mengkonsumsi produk susu fermentasi pada saat perut kosong dapat membentuk asam klorida. Ini akan membunuh bakteri asam laktat yang ada pada kandungan yoghurt sehingga memicu keasaman akibatnya perut bisa mulas dan diare.

Makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas merupakan makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Dalam hal ini membuat lambung panas dan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh jadi harus dihindari. Meskipun makanan yang pedas ini adalah dapat menggugah nafsu makan menjadi lebih baik, namun juga harus menguranginya sebab makanan yang pedas ini dapat merusak dinding lambung.

Minuman beralkohol dan bersoda

Minuman beralkohol dan bersoda ini juga tak baik bagi perut yang masih kosong. Sebab lambung kita nanti merasa shock atau kaget. Dalam hal ini minum-minuman ini adalah minuman yang sangat tidak baik bagi tubuh kita.

Meski kegiatan tetap seperti hari biasanya, namun kebutuhan energi menjadi lebih sedikit saat puasa. Karena itu, tubuh akan beradaptasi dimana penggunaan energi untuk tubuh bekerja menurun.

Dalam situasi ini, konsumsi makanan perlu diatur tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah dan serat sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing.

Konsultan gizi, Rita Ramayulis menjelaskan jika sebaiknya hindari makanan dengan kalori tinggi, dan menyebabkan dehidrasi, karena akan menganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa. Konsumsilah makanan yang sehat dan jangan berlebihan agar tubuh Anda tetap sehat dan terjaga.

-RM 3

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s