Pendaftar Jalur Mandiri Di Jurusan Biologi Terus Meningkat Setiap Tahun

15hz7ns.jpg
Doc. Int

Parangtambung, Bioma- Telah berlangsung tes untuk Jalur Mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM) yang pada tahun ini hanya dilakukan di dua sektor kampus UNM pada Selasa (11/07) tepatnya di Gunungsari dan Parangtambung. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tes jalur mandiri ini dilaksanakan setelah pendaftaran jalur SNMPTN dan SBMPTN berlangsung yang dibuka untuk mahasiswa yang belum lulus pada dua jalur sebelumnya.

Jumlah pendaftaran jalur mandiri pada FMIPA terus meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan data yang dihimpun dari Sekretaris UPT ICT Center, Anshari Saleh Ahmar, yakni sebanyak 612 pendaftar.

Peningkatan terjadi setiap tahunnya meski telah terjadi peningkatan UKT sebelumnya. Khususnya pada jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi yang sebelumnya UKT pada prodi ini Rp. 4.000.000,- naik menjadi Rp. 4.500.000,-. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan para pendaftar pada jurusan ini.

Pada tahun ini, antusias pendaftar semakin meningkat. Tahun lalu, sekitar 156 orang melonjak menjadi 190 orang. Hal ini pun dibenarkan oleh Rachmawaty, Sekretaris Jurusan Biologi sekaligus Panitia penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini.
“Kalau dilihat dari statistiknya sepertinya UKT tidak mempengaruhi para pendaftar jalur mandiri pada jurusan Biologi ini, justru peminatnya makin naik, memang setiap tahun Biologi selalu menjadi jurusan dengan pendaftar paling tinggi baik itu di pendaftaran reguler ataupun jalur mandiri” terangnya.

Namun dari beberapa calon mahasiswa seperti halnya Asma, Umi dan Sunarti mengatakan bahwa sebenarnya kenaikan UKT tetap mempengaruhi pendaftaran tahun ini tetapi karena jurusan Biologi merupakan pilihan mereka sejak awal. Ketiganya pun menyatakan kesanggupan mereka untuk membayar biaya yang diberikan sehingga tetap memilih Jurusan Biologi.

Meski demikian dengan banyaknya pendaftar pada Jurusan Biologi namun kuota yang disediakan untuk calon mahasiswa jurusan Biologi ini tidak dapat dinaikkan karena kurangnya ruang kelas yang dapat menampung mahasiwa apabila terlalu banyak.

Lebih lanjut, Rachmawaty menyampaikan bahwa kuota yang disediakan tidak ditambahkan karena menyesuaikan dengan ruang kelas yang terbatas. Ruang kelas hanya mampu menampung 32-35 orang.

“Tidak menutup kemungkinan jumlah kuota mandiri dapat bertambah dikarenakan di FMIPA ada 48 orang yang lulus pada jalur sebelumnya namun tidak mendaftar ulang jadi kita distribusi dari pendaftar mandiri” tutupnya.

Reporter : RM 10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s