Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bawakan Materi Masalah Penyajian Berita dalam Workshop Citizen Journalism LPM BIOma

IMG_0944
Ancha Hardiansya, bawakan materi tentang masalah-masalah dalam penyajian berita. (Doc. LPM BIOma)

Panakkukang, BIOma– (10/12) Kegiatan BIOma Training oleh LPM BIOma dengan tema Citizen Journalism menghadirkan salah satu pemateri dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI). Dialah Ancha Hardiansya yang menyajikan materi mengenai masalah-masalah penyajian berita.


Ancha menyinggung perlunya pembaca memahami dan menilai bagaimana suatu berita tersebut benar berisi fakta atau hanya opini saja dari penulis. Misal maraknya berita hoax yang ada saat ini. Cara mengatasi berita hoax kembali lagi pada pribadi masing-masing dalam memilah berita yang bermunculan.

Selain itu, salah satu hal yang juga menjadi masalah adalah dalam pengungkapan fakta melalui teknik wawancara. Teknik wawancara bukanlah hal yang mudah dilakukan, sehingga seorang jurnalis harus menguasai teknik-teknik tersebut dalam mengumpulkan data dan fakta.

Ancha menambahkan jika pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kunci dalam mencari fakta adalah penggunaan kata tanya “bagaimana” dan “mengapa”. Dua kata tanya tersebut dijadikan sebagai hal utama yang harus diajukan dalam mengupas suatu informasi. Sementara pertanyaan lainnya yang mencakup 5W+1H dapat dijadikan sebagai pertanyaan pelengkap dalam mencari fakta.

Reporter : Farahdiba Ainah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s