Embriologi Dalam Sains, Alquran dan Hadits

IMG-20171215-WA0023.jpg
Materi Embriologi dalam Sains, Alquran dan Hadits pada kajian SCJ Biogenesis. (Doc. LPM BIOma)

Parangtambung, BIOma – Embriologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana sel tunggal membelah dan berubah selama perkembangan untuk membentuk organisme multiseluler. Dalam hal ini perkembangan embrio pada rahim seorang ibu.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa ketika 42 hari telah berlalu semenjak perkembangan embrio kemudian dibentuklah mata, hidung, tangan, kaki dan lainnya kemudian diberikan ruh terhadapnya. Hal ini telah dibuktikan oleh salah seorang dokter yang mengatakan bahwa penentuan jenis kelamin daapat terlihat di hari ke 40. Dalam hal ini terbentuk zigot hingga lahir.

Salah satu hadits mengatakan bahwa “Hargai Ibumu.. Ibumu.. Ibumu.. lalu Ayahmu,” Ilmuan Biologi telah menemukan bahwa perihal ini terkait didalam pembentukan embrio yakni pada proses sel sperma masuk atau menembus dinding rahim. Seorang ibu memberikan membran inti, sitoplasma dan inti cell dalam perkembangannya, sementara Ayah hanya memberikan inti sel dari sel spermanya. Hal inilah yang membuktikan bahwa Ibu lebih tinggi kedudukannya setelah itu baru Ayah.

Itulah materi yang disampaikan langsung oleh Dr. Hj. A. Asmawati Asiz, M.Si saat membawakan materi Embriologi dalam Sains, Alqur’an dan Hadits di kegiatan SCJ Biogenesis SCMM.

“Tuhan menciptakan kita menjadi sebaik baiknya bentuk, jadi sepatutnya kira mensyukuri nikmat yaang diberikan tuhan terhadap diri kita” ujar Ketua Jurusan Biologi itu.

Inti dari materi kajian yang berlangsung di ruang FF 103 ini disampaikan oleh MC kegiatan, Nuna Pratiwi, yakni manusia diciptakan dari air yang terpancar, dari tilang sulbi laki laki dan tulang dada perempuan. Tuhan telah memberi kenikmatan pada manusia seperti mata, kaki, tangan dan sebagainya.

Jika saja mata diciptakan seperti mikroskop, maka tak ada satupun yang mampu menahan banyaknya hal yang harusnya kita lihat. Maka dari itu kita sepatutnya untuk bersyukur” ujar mahasiswi asal Jurusan Geografi itu.

Reporter : Zulfika Sari Ana/Sariana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s