Haswandi : Resmi Menjadi Pengurus Baru, Kegiatan WANAPANCA FMIPA UNM Akan Libatkan Mahasiswa FMIPA

IMG-20180223-WA0021
Suasana Pelantikan Pengurus WANAPANCA FMIPA UNM (Doc. LPM BIOma)

Parangtambung, BIOma– Jum’at (23/02) salah satu biro fakultas MIPA UNM, Wahana MIPA Pencinta Alam (WANAPANCA) baru saja melangsungkan pelantikan pengurus periode 2018/2019. Proses pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Presiden BEM FMIPA UNM, Muhammad Chaeril Ikramullah. Acara pelantikan ini diadakan di Ruangan 315 lantai 3 Gedung ICP FMIPA UNM. Turut hadir ketua MAPERWA FMIPA UNM, LK se-FMIPA UNM, dan LK MAPALA se-UNM.

Ditemui usai proses pelantikan, ketua umum WANAPANCA terpilih periode 2018-2019, Haswandi menjelaskan bahwa kegiatan WANAPANCA kedepannya akan mulai menyentuh dan melibatkan mahasiswa FMIPA UNM. Haswandi menyadari jika WANAPANCA sebagai wadah bagi mahasiswa FMIPA UNM khususnya dalam bidang kepencintaalaman masih belum maksimal. Misalnya, pada kepengurusan periode sebelumnya, WANAPANCA lebih banyak melakukan kegiatan untuk anggota WANAPANCA itu sendiri dan lebih aktif berkegiatan di luar FMIPA yakni dengan LK MAPALA se-UNM.

Haswandi melanjutkan jika pengurus baru WANAPANCA sudah merencanakan suatu kegiatan untuk menjalin hubungan yang lebih baik denganmahasiswa FMIPA UNM, khususnya yang ingin bergelut dengan bidang kepencintaalaman.Kegiatan yang disebutnya “MIPA Sains Camp” ini telah terlaksana beberapa kali, namun pada kepengurusan yang lalu tidak dapat dilaksanakan.Kegiatan ini nantinya akan melibatkan mahasiswa FMIPA sebagai peserta. Harapan Haswandi dengan melibatkan mahasiswa FMIPA dalam berbagai kegiatan WANAPANCA nantinya adalah terbentuknya rasa ingin bergabung sebagai anggota biro fakultas ini.

masalah sekarang ini, anggota WANAPANCA lebih dominan diisi mahasiswa geografi, sedangkan WANAPANCA merupakan biro fakultas MIPA. Saya selaku ketua berencana akan sering komunikasi dengan ketua himpunan tiap jurusan di FMIPA untuk mengirimkan delegasi minimal dua orang untuk memasukkan anggotanya. Kedepannya setiap kegiatan seperti kajian kepecintaalaman akan melibatkan teman-teman di MIPA sehingga nantinya akan ada rasa ingin bergabung menjadi anggota di tiap jurusan” ungkapnya.

Hal senada juga dijelaskan oleh demisioner ketua umum WANAPANCA periode 2017-2018, Makbul Faturrahman terkait masalah anggota WANAPANCA yang hanya berasal dari beberapa jurusan saja selama kepengurusannya. Sementara dasar didirikannya WANAPANCA supaya lima Jurusan dan dua prodi di FMIPA bisa bersatu. Seperti asal muasal bahasa WANAPANCA yang berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu “wana” berarti wahana dan“panca” berarti lima. Jadi WANAPANCA artinya wahana yang mempersatukan lima jurusan di FMIPA. Makbul berharap setiap LK bisa mengirimkan perwakilan setiap jurusan untuk menyatukan lima jurusan sesuai dengan makna nama dari WANAPANCA.

Reporter : Farahdiba Ainah Auliyah/Aulya Novira

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s