Benarkah Hujan Menjadi Penyebab Seseorang Terserang Influenza?

flu saat hujan
(Doc.Int)

BIOma- Musim hujan kini sedang melanda sebagian besar daerah di Indonesia. Hal yang menjadi kekhawatiran masyarakat saat musim hujan tiba, yaitu munculnya berbagai penyakit menular. Salah satunya adalah penyakit infeksi saluran pernapasan atau influenza. Namun, benarkah  musim hujan menjadi penyebab seseorang mudah terserang influenza?

Lalu bagaimana dengan atlet sepak bola yang tiap harinya bertanding  di lapangan dalam kondisi sedang hujan? Apakah mereka secara langsung terkena flu akibat sering beraktivitas di bawah hujan? Nyatanya tidak demikian.

Dikutip dari www.tirto.id, berdasarkan studi epidemiologi yang dilakukan oleh National Institutes of Health’s Fogarty International Center, ada dua tipe influenza yang dipengaruhi musim, yaitu dingin-kering dan lembab-hujan.  Menurut penelitian tersebut kelembaban yang rendah pada musim dingin, membuat daya tahan virus untuk bertahan lebih kuat dan lebih mudah menular dari satu orang ke orang lainnya melalui udara. Kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

Faktor yang menyebabkan mudahnya penularan virus influenza, yaitu  aktivitas yang kadang tidak disadari oleh masyarakat misalnya menutup hidung dan mulut ketika bersin dan batuk. Ketika bersin atau batuk, penderita influenza kerap menutup dengan telapak tangan dan setelahnya tidak mencuci tangan. Virus influenza dapat berpindah dari benda-benda yang disentuh seperti railing tangga, keyboard, mouse, atau ketika si penderita bersalaman dengan orang lain.

www.tirto.id menjelaskan jika anda bisa mencontoh pemain bola Paul Pogba yang mempopulerkan cara yang baik ketika bersin atau batuk sebaiknya ditutup, yakni dengan dabbing:  menutup mulut saat bersin atau batuk dengan bagian dalam siku. Dengan begitu, risiko penularan menjadi lebih rendah, karena sentuhan di daerah tersebut pun relatif jarang.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah tubuh terserang influenza. Misalnya, minum air putih yang cukup, konsumsi sayur dan buah, makan teratur, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga.

Penulis : Farahdiba Ainah Auliyah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s